Langsung ke konten utama

Resep Gabing Khas Lampung Asli



Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung.
Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat. 

Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, kamu bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan lainya yang akan memperkaya masakan.
Bahan-bahan Untuk Membuat Gabing


Buat bunda yang pengen coba-coba masak makanan yang satu ini. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan nya ya..!. Untuk bahan-bahan yang di butuhkan bunda bisa lihat di bawah ini ya..!. Berikut adalah bahan-bahan yang di butuhkan untuk membuat gabing.

Ø  Bahan- bahan :
ü  Batang kelapa muda
ü  Santan (santal kental dari kelapa)
ü  Bumbu opor
ü  7 buah cabe rawit
ü  ¼ udang
ü  1 gram cempokak

Jika bunda sudah siapkan semuanya. Bunda bisa langsung menuju pada proses pengolahanya. Jangan lupa ikuti step by step ya bun…!. Berikut adalah cara memasak gabing bun, silahkan di simak.

Ø  Cara Membuat Gabing
ü  Pertama batang kelapa muda di potong dengan ukuran sedang (sesuai selera) kalau saya di iris tipis-tipis.
ü  Lalu rebus batang kelapa muda yang telah di iris tipis sampai mendidih (empuk). Angkat lalu tiriskan.
ü  Kemudian masukkan bumbu opor dan santan, tambahkan cabe rawit utuh, udang dan cempokak. Masak hingga matang.
ü  Lalu sajikan di mangkok.

Dan selesai sudah masak batang kelapa mudanya, selamat menikmati. Dan untuk para bunda yang lagi bingung mau masak sayur apa, ini bisa di coba. Resep untuk kali ini saya cukupkan dulu. Jangan lupa share artikelnya, agar artikel singkat ini semakin bermanfaat. Kita lanjutkan lagi di artikel berikutnya dengan menu yang berbeda tantunya. Sekian dari saya akhir kalam wassallamm.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Bangamat Khas Kalimantan Tengah Asli

Jika pada poin ke-4 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya. Baca juga : resep ikan bakar khas kalteng klik disini Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini. Ø   Bahan : ü   1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas. ü   1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.

Resep Lemang Khas Kalimantan Tengah Asli

Lemang adalah makanan yang menurut sejarah pertama kali dibuat oleh bangsa Melayu. Penyebaran masyarakat suku Melayu yang begitu masif hingga ke Indonesia membuat makanan satu ini terdapat di bagian utara Indonesia. Seperti di Kalimantan yang cukup banyak dihuni oleh penduduk Melayu sehingga membuat sebagian orang mengira lemang adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Selain suku Melayu, suku Dayak juga menjadikan lemang sebagai panganan yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Baca juga : resep gangan humbut khas kalimantan tegah. klik disini. Lemang merupakan makanan sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan b