Langsung ke konten utama

Resep Cakalang Kufu Khas Sulawesi Utara Asli



Oke yang pertama yang akan saya tuliskan adalah cakalang fufu, makanan ini sudah enggak asih lagi di Sulawesi Utara bahkan di beberapa Provinsi Sulawesi lainnya dan di kabarkan juga cangkalang fufu ini sudah ada sejak lama.

Cangkalang sendiri adalah nama jenis ikan yang bisa di olah dengan berbagai olahan, seperti di olah dengan cara di goreng, di buat kuah dan woku juga. Di Sulawesi Utara sendiri ikan cangkalang di olah dengan cara di asap.

Sebelumnya di berikan bumbu khusus lalu di asap dengan caea di capit atau di jepit menggunakan bambu yang sudah di sesuaikan. Arti dari fufu sendiri diambil dari bahasa Manado yang berarti Asap, jadi cangkalang fufu adalah ikan cangkalang yang di olah dengan cara di asap.


Bahan-Bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Cakalang fufu Pedas Khas Manado Paling Sedap dan Mantap.

Ø  Bahan
ü  500 gr ikan cakalang asap
ü  2 batang serai, dimemarkan
ü  1 buah jeruk limau (ambil airnya)
ü  1 ikat daun kemangi (ambil daunnya)
ü  5 lembar daun jeruk, diiris kecil
ü  1 ruas jari lengkuas, dimemarkan
ü  3 cm jahe, dimemarkan
ü  minyak goreng secukupnya

Ø  Bahan Bumbu Halus
ü  1 sdt terasi. Dibakar
ü  8 buah cabai merah
ü  1 sdt garam
ü  7 buah cabai rawit merah
ü  1/2 sdt gula pasir
ü  8 buah bawang merah

Ø  Cara Memasak
ü  Yang pertama dilakukan adalah ikan cakalang di suwir-suwir.
ü  Kemudian panaskan minyak goreng lalu goreng sebentar, lalu sisihkan.
ü  Selanjutnya panaskan kembali minyak goreng untuk menumis bahan bumbu halus, lalu tambahkan daun jeruk, serai dan juga lengkuas, aduk-aduk sampai harum.
ü  Setelah itu masukan ikan cakalang, aduk hingga merata. Masak hingga matang dan bumbunya meresap.
ü  Setelah itu baru tambahkan daun kemangi dan juga air jeruk limau, lalu aduk hingga rata.
ü  Matang dan angkat, ikan cakalang fufu pedas siap disajikan

Demikianlah Resep dan Cara Membuat Ikan Cakalang fufu Pedas Khas Manado Paling Sedap dan Mantap yang bisa anda coba tentunya di rumah. Rasa yang pedas ditambah lezatnya dari daging ikan cakalang ini membuat anda akan merasa ketagihan apabila menyantapnya. Hidangkan masakan ikan cakalang fufu pedas ini bersama dengan nasi hangat putih. Menyantap bersama dengan keluarga tercinta tentunya akan mebuat lebih istimewa. Selain itu tentunya dengan membuat masakan khas manado yaitu ikan cakalang fufu pedas ini akan menambah koleksi didalam menu harian anda. Selamat mencoba.

Untuk anda yang sudah menyimak dan mencobanya dirumah sendiri ada baiknya bagikan Resep dan Cara Membuat Ikan Cakalang fufu Pedas Khas Manado Paling Sedap dan Mantap kepada teman serta saudara tercinta anda. Dan jangan lupa juga untuk memberikan komentar dibawah ini pada kolom yang sudah kami sediakan. Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gabing Khas Lampung Asli

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat.  Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, kamu bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan lainya yang akan memperkaya masakan. Bahan-bahan Untuk Membuat Gabing Baca juga : Resep seruit berkuah khas lampung. klik disini Buat bunda yang pengen coba-coba masak makanan yang satu ini. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan nya ya..!. Untuk bahan-bahan

Resep Bangamat Khas Kalimantan Tengah Asli

Jika pada poin ke-4 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya. Baca juga : resep ikan bakar khas kalteng klik disini Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini. Ø   Bahan : ü   1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas. ü   1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.

Resep Lemang Khas Kalimantan Tengah Asli

Lemang adalah makanan yang menurut sejarah pertama kali dibuat oleh bangsa Melayu. Penyebaran masyarakat suku Melayu yang begitu masif hingga ke Indonesia membuat makanan satu ini terdapat di bagian utara Indonesia. Seperti di Kalimantan yang cukup banyak dihuni oleh penduduk Melayu sehingga membuat sebagian orang mengira lemang adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Selain suku Melayu, suku Dayak juga menjadikan lemang sebagai panganan yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Baca juga : resep gangan humbut khas kalimantan tegah. klik disini. Lemang merupakan makanan sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan b