Langsung ke konten utama

Resep Klapetart Kue Khas Sulawesi Utara Asli



Klapetart Kue yang juga kerap ditulis Klapertart ini adalah makanan khas Sulawesi Utara. Klapetart yang di pengaruhi bhs Belanda ini adalah modifikasi serta kombinasi cita rasa barat serta bahan tradisional di Bumi Nyiur Melambai yaitu kelapa.

Kue klapetart ini jadi suguhan harus di tiap-tiap perayaan-perayaan besar di Sulut. Sekarang ini Klapetart juga jadi ole-ole khas dari Manado bahkan juga seringkali wisatawan domestik serta mancanegara jadikan kue ini sebagai hadiah.

Sampai saat ini klapetart bisa kamu jumpai dan temui, karena ke popularan klapetart sampai saat ini masih bisa di bilang popular. Buat kamu yang penasaran kue ini juga bisa di jadikan oleh-oleh khas Sulawesi Utara loh.


Bahan-bahan untuk pembuatan resep klapertart panggang ini sangat mudah didapatkan karena makanan ini asli Indonesia. Bahannya akan kita bagi menjadi tiga jenis, yakni bahan I, bahan II, dan bahan toping. 

Ø  Berikut bahan I yang harus Anda siapkan:
ü  Tepung terigu sebanyak 125 gram (protein sedang)
ü  Gula pasir sebanyak 175 gram,
ü  haluskan Susu bubuk sebanyak 50 gram (merek apapun)
ü  Air kelapa sekitar 500 – 600 ml (jika ingin tekstur lembut), dan 300 – 400 ml (bila ingin tekstur kental)
ü  Kuning telur sebanyak 4 butir Margarin cukup sebanyak 100 gram,
ü  lelehkan Garam sebanyak 1/4 sendok teh Pasta
ü  vanilla/vanilli sekitar 1/2 sendok teh

Ø  Bahan II:
ü  Kismis sebanyak 30 gram
ü  Kenari kacang almond panggang 30 gram
ü  Kelapa muda (daging lembut) sebanyak 3 butir, kerok dagingnya

Ø  Bahan toping:
ü  Gula pasir sebanyak 50 gram
ü  Putih telur dari 3 butir Garam sekitar 1/4 sendok teh Cream of tartar sebanyak 1/2 sendok teh Kayu manis bubuk (untuk taburan) secukupnya Kismis seperlunya

Ø  Cara Membuat Klapertart Panggang
ü  Jika semua bahan telah terkumpul, mari kita langsung membuatnya.
ü  Langkah pertama campurkan bahan-bahan I dalam sebuah wadah dan aduk-aduk hingga tercampur secara merata. Apabila sudah tercampur secara merata, saring campuran tersebut.
ü  Setelah itu siapkan panci rebus untuk memasak adonan bahan I tadi.
ü  Masak adonan tersebut hingga mengental secara sempurna. Setelah mengental tambahkan air kelapa muda, kenari, dan kismis ke dalamnya.
ü  Aduk-aduk kembali hingga tercampur mereta dan kental. Namun jika terlalu kental, Anda bisa mengencerkan dengan menambah sedikit demi sedikit air kelapa.
ü  Dalam wadah yang berbeda, kocoklah putih telur bersama dengan gula, cream of tartar, dan garam hingga kaku. Sisihkan terlebih dahulu.
ü  Tuang adonan yang telah kita buah sebelumnya dalam sebuah cetakan berbahan dasar alumunium foil. Kemudian olesi dengan menggunakan kocokan putih telur.
ü  Setelah itu di atasnya beri hiasan kayu manis bubuk agar tampilannya semakin cantik.
ü  Siapkan oven atau pemanggang. Lalu panggang adonan tersebut dalam oven selama 10 menit dengan suhu mencapai 170 derajat celcius.
ü  Terakhir apabila sudah matang, angkat kue tersebut dan letakan di atas meja agar panas dan uapnya pergi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gabing Khas Lampung Asli

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat.  Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, kamu bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan lainya yang akan memperkaya masakan. Bahan-bahan Untuk Membuat Gabing Baca juga : Resep seruit berkuah khas lampung. klik disini Buat bunda yang pengen coba-coba masak makanan yang satu ini. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan nya ya..!. Untuk bahan-bahan

Resep Bangamat Khas Kalimantan Tengah Asli

Jika pada poin ke-4 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya. Baca juga : resep ikan bakar khas kalteng klik disini Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini. Ø   Bahan : ü   1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas. ü   1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.

Resep Lemang Khas Kalimantan Tengah Asli

Lemang adalah makanan yang menurut sejarah pertama kali dibuat oleh bangsa Melayu. Penyebaran masyarakat suku Melayu yang begitu masif hingga ke Indonesia membuat makanan satu ini terdapat di bagian utara Indonesia. Seperti di Kalimantan yang cukup banyak dihuni oleh penduduk Melayu sehingga membuat sebagian orang mengira lemang adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Selain suku Melayu, suku Dayak juga menjadikan lemang sebagai panganan yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Baca juga : resep gangan humbut khas kalimantan tegah. klik disini. Lemang merupakan makanan sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan b