Langsung ke konten utama

Resep Pindang Khas Lampung Asli



Lampung juga menyimpan masakan khas yang patut kamu coba, masakan tersebut ialah Pindah. Pindang biasanya sajikan pada mangkuk dengan kuah yang memiliki warna kuning. 

Uniknya, Pindang khas Lampung ini mempunyai cita rasa seperti asam gurih, tidak jauh berbeda dengan Tom Yam dari Thailand. Aroma pindang tercium lebih kuat dikarenakan terdapat daun kemangi yang menjadi campuran pada kuah. 


Ø  Bahan-bahan :
ü  Cuci bersih kurang lebih 500 gram ikan gabus segar kemudian potong-potong ikan gabus tersebut
ü  Potong-potong 3 buah cabai merah
ü  Potong-potong sesuai selera 2 buah tomat
ü  Memarkan 2 batang serai
ü  Memarkan lengkuas seukuran 2 cm
ü  Daun salam sebanyak 2 lembar
ü  Potong-potong 4 lembar daun jeruk
ü  Air sebanyak 500 ml
ü  Garam sebanyak ½ sendok makan
ü  Merica bubuk sebanyak ½ sendok the
ü  Minyak goreng secukupnya untuk menumis

Ø  Bahan bumbu halus:
ü  Bawang merah sebanyak 6 buah
ü  Kunyit seukuran 3 cm
ü  Bawang putih sebanyak 3 siung

Ø  Cara Membuat Pindang Ikan Lampung:
ü  Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu halus dengan bahan-bahan lain seperti irisan cabai merah, irisan tomat, serai dan lengkuas yang sudah dimemarkan, 2 lembar daun salam serta irisan daun jeruk. Aduk semua bahan sampai merata dan tumis sampai menjadi harum.
ü  Kemudian masukkan potongan ikan gabus yang sudah dibersihkan tadi. Aduk kembali sampai merata dan masak ikan sampai ikan berubah warna dan matang. Lalu tambahkan, air, garam dan juga merica.
ü  Setelah matang lalu angkat ikan dan sajikan diatas piring selagi hangat.

Mudah bukan? Coba saja resep diatas dirumah dan sajikan untuk keluarga anda. Saya yakin anda dan keluarga pasti menyukainya.

Ingatlah untuk selalu memilih bahan masakan yang segar dan sehat karean itu akan menentukan kualitas masakan yang dibuat.

Bagikan resep dann subscribe sekarang juga. Baca juga : Masakan nusantara. klik disini

Komentar

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dalam banyak bidang salah satunya adalah jasa pembuatan Rainbow slide / perosotan warna warni.

    Pelangi slide, juga disebut sebagai empat musim salju slide atau tabung Salju kering. Pelangi slide sebagai hiburan populer dalam beberapa tahun terakhir, adalah jenis proyek hiburan yang meniru ski dengan menggunakan bahan plastik halus yang dusebut juga PE/PP yang sangat aman digunakan untuk berbagai macam pembuatan wahana. Selain itu jenis bahan ini mudah dibersihkan dalam proses perawatannya.Dirancang sempurna untuk anak - anak dan balita. Sehingga anda tidak perlu khawatir anak anda akan mengalami cedera saat bermain. Memiliki warna-warna yang cantik dan sangat cocok diaplikasikan ditempat wisata seperti :

    Waterpark,
    Taman bermain,
    Playground, DLL.

    Jadikan usaha anda menjadi lebih menarik dan berbeda dengan yang lain
    Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran lebih lanjut di
    Wa/Telp : 0811-1252-0824 Rahma

    follow juga sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru :

    https://rainbowslidejakarta.blogspot.com/
    PINTESEST : rainbowslidejakarta
    TWITTER : SlideRainbow

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gabing Khas Lampung Asli

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat.  Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, kamu bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan lainya yang akan memperkaya masakan. Bahan-bahan Untuk Membuat Gabing Baca juga : Resep seruit berkuah khas lampung. klik disini Buat bunda yang pengen coba-coba masak makanan yang satu ini. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan nya ya..!. Untuk bahan-bahan

Resep Bangamat Khas Kalimantan Tengah Asli

Jika pada poin ke-4 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya. Baca juga : resep ikan bakar khas kalteng klik disini Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini. Ø   Bahan : ü   1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas. ü   1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.

Resep Lemang Khas Kalimantan Tengah Asli

Lemang adalah makanan yang menurut sejarah pertama kali dibuat oleh bangsa Melayu. Penyebaran masyarakat suku Melayu yang begitu masif hingga ke Indonesia membuat makanan satu ini terdapat di bagian utara Indonesia. Seperti di Kalimantan yang cukup banyak dihuni oleh penduduk Melayu sehingga membuat sebagian orang mengira lemang adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Selain suku Melayu, suku Dayak juga menjadikan lemang sebagai panganan yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Baca juga : resep gangan humbut khas kalimantan tegah. klik disini. Lemang merupakan makanan sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan b