Langsung ke konten utama

Resep Tinutan (Bubur Manado) Khas Sulawesi Utara Asli



Tinutuan atau juga dikenal dengan sebutan Bubur Manado adalah makanan khas Sulawesi Utara yang paling populer. Di nyaris semuanya tempat anda dapat temukan kuliner yang satu ini. Bahkan juga di pusat-pusat keramaian ada tempat yang dikhususkan untuk jual tinutuan. 

Pasalnya, tinutuan sudah jadi sisi dari kebiasaan masak-memasak di daerah nyiur melambai. Apa apabila anda tengah berkunjung ke beragam obyek wisata di Manado serta menginginkan nikmati lezatnya bubur Manado, jadi anda bisa bertandang ke jalan Wakeke yang disebut pusat penjualan tinutuan.


Bubur Manado adalah salah satu makanan khas Indonesia dari Sulawesi Utara tepatnya di kota Manado. Namun ada juga yang mengatakan bahwa bubur Tinutuan adalah makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Bubur ini terbuat dari campuran beberapa macam sayuran dan tidak mengandung daging sama sekali. Sehingga bubur ini bisa menjadi makanan pergaulan antar kelompok masyarakat di Manado. Wah ternyata di balik pembuatannya yang sederhana malah menciptakan kreasi olahan bubur yang lebih lezat setelah adanya Bubur Ayam Suwir dan Sayuran khas Indonesia.


Nah itulah sedikit cerita tentang Bubur Manado yang sering disebut dengan Tinutuan. Oke moms cukup sampai di sana dulu ya penjelasannya, tentu sudah penasaran dan tak sabar lagi dong ya apa saja dan gimana sih Bahan-bahan dan Cara Membuat Bubur Manado nya? Yuk di simak resepnya berikut ini.


Ø  Bahan-bahan Bubur :
ü  Beras 200 gram, cuci bersih, tiriskan.
ü  Air 2 liter
ü  Garam 1 sendok makan
ü  Ubi merah 100 gram, kupas, potong
ü  Labu kuning 100 gram, kupas, potong
ü  Daun melinjo muda 50 gram, cuci bersih
ü  Bayam 50 gram, cuci bersih
ü  Kangkung 50 gram, petiki daunnya, cuci bersih
ü  Daun kemangi 25 gram, cuci bersih.
ü  Sereh 3 batang, memarkan.
ü  Daun bawang 4 batang, iris halus
ü  Daun kunyit 2 lembar, ikat simpulIkan asin jambal/ikan jambal asin 150 gram potong
ü  dadu, cuci, goreng hingga kering.

Ø  Cara Membuat Bubur Manado (Tinutuan) :
ü  Pertama-tama asak beras bersama air, garam, daun bawang, sereh, dan daun kunyit. Aduk terus hingga hampir matang.
ü  Selanjutnya masukan ubi merah, labu kuning, dan jagung. Aduk hingga rata dan masak terus sampai ubilunak.
ü  Tambahkan sisa sayuran, sambil di aduk perlahan hingga matang dan kental.
ü  Angkat dan sajikan bubur bersama ikan asin dan pelengkap lainnya sesuai selera.
ü  Bubur manado yang dibuat tanpa menggunakan kuah santan gurih dari bumbu rempah lebih sehat dibandingkan bubur ayam pada umumnya. Nah, karena tanpa kuah santan maka bubur manado ini cocok juga dimakan oleh balita dan anak-anak yang masih dalam masa pertubuhan karena kandungan gizi didalamnya yang cukup banyak. Untuk balita skip saja daun melinjo dan daun kemanginya, lalu ganti dengan tahu dan wortel agar hasilnya lebih lembut.

Selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Cara Membuat Bubur Manado (Tinutuan) Super Lezat!. Baca juga : Resep cakalang khas sulawesi utara. klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gabing Khas Lampung Asli

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat.  Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, kamu bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan lainya yang akan memperkaya masakan. Bahan-bahan Untuk Membuat Gabing Baca juga : Resep seruit berkuah khas lampung. klik disini Buat bunda yang pengen coba-coba masak makanan yang satu ini. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan nya ya..!. Untuk bahan-bahan

Resep Bangamat Khas Kalimantan Tengah Asli

Jika pada poin ke-4 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya. Baca juga : resep ikan bakar khas kalteng klik disini Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini. Ø   Bahan : ü   1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas. ü   1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.

Resep Lemang Khas Kalimantan Tengah Asli

Lemang adalah makanan yang menurut sejarah pertama kali dibuat oleh bangsa Melayu. Penyebaran masyarakat suku Melayu yang begitu masif hingga ke Indonesia membuat makanan satu ini terdapat di bagian utara Indonesia. Seperti di Kalimantan yang cukup banyak dihuni oleh penduduk Melayu sehingga membuat sebagian orang mengira lemang adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Selain suku Melayu, suku Dayak juga menjadikan lemang sebagai panganan yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Baca juga : resep gangan humbut khas kalimantan tegah. klik disini. Lemang merupakan makanan sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan b