Langsung ke konten utama

Resep Sop Konro Khas Sulawesi Selatan Asli



Sup Konro merupakan sup iga sapi Khas Sulawesi Selatan. Sup ini umumnya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan bersama ketupat kecil yang dipotong-potong terlebih dulu. 

Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Konro aslinya dimasak berkuah dalam wujud sup yang kaya rempah, akan tetapi sekarang ini terdapat variasi kering yang dinamakan “Konro bakar” yakni iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.


Ø  Bahan-bahan Sup Konro :
ü  Iga sapi 1 1/2 kilo gram ( bisa di mix dengan tulang dan daging sapi ), potong-potong sesuai selera
ü  Air 2 liter ( digunakan untuk merebus dan membuat kuah kaldu )

Ø  Bumbu Halus Sup Konro :
ü  Keluwak 2 butir
ü  Merica butiran 2 sendok the
ü  Kemiri 5 butir ( disangrai )
ü  Pala 1/2 butir
ü  Ketumbar 1 sendok makan ( sangrai )
ü  Kunyit 1 ruas ( bakar )
ü  Bawang merah 8 butir
ü  Bawang putih 5 siung
ü  Serai 2 batang ( ambil bagian putihnya )
ü  Jahe 2 ruas
ü  Jinten 1/4 sendok the
ü  Minyak untuk menumis

Ø  Bumbu Lain Sup Konro :
ü  Air asam jawa 100 mili liter
ü  Lengkuas 2 ruas ( pipihkan )
ü  Daun salam 5 lembar
ü  Kaldu bubuk 1 sendok the
ü  Garam 1 sendok makan
ü  Gula pasir 1/2 sendok makan
ü  Bawang merah 5 butir ( iris tipis )
ü  Bawang goreng secukupnya ( digunakan untuk taburan )
ü  Cengkeh 5 butir
ü  Kapulaga 3 butir
ü  Kayu manis 2 batang
ü  Daun bawang 2 batang ( rajang halus )

Ø  Cara Membuat Sup Konro :
ü  Langkah awal, siapkan panci, masukkan 2 liter air lalu rebus hingga mendidih. masukkan potongan iga lalu rebus hingga iga lunak. buang kotoran yang mengapung di permukaan air. bila air dirasa berkurang dan iga belum benar-benar empuk, boleh ditambahkan air panas dan rebus hingga iga benar-benar menjadi empuk. tambahkan air agar mendapatkan 2 liter air kaldu sebagai kuah sup konro nanti. sisihkan.
ü  Selanjutnya siapkan wajan, lalu panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bumbu halus hingga tercium aroma wangi sedap dan matang. masukkan daun salam, lengkuas dan bawang merah iris. aduk-aduk dan tumis hingga daun salam menjadi layu, matikan api.
ü  Setelah itu tuangkan tumisan bumbu kedalam rebusan iga, masukkan kayu manis, cengkeh, kapulaga, kaldu bubuk, garam, gula dan air asam jawa. rebus hingga kuah menjadi mendidih, cicipi rasanya, tambahkan bila dirasa ada yang kurang. lalu masukkan daun bawang, aduk dan masak sebentar, angkat.
ü  Sup konro yang enak dan gurih siap disajikan selagi hangat bersama bawang merah goreng diatasnya.

Penggunaan rempah-rempah khas Indonesia seperti merica, lengkuas, jahe, pala dan sebagainya benar-benar membuat masakan ini terkenal di seluruh Nusantara karena rasanya yang sedap. bumbu yang digunakan untuk membuat Sup konro atau Sop Konro ini memang hampir mirip dengan Gulai dan Aneka Soto Khas Nusantara lainnya ya. namun ada yang membuat Sup Konro menjadi Masakan Khas Indonesia yang tiada duanya. segar, sedap, lezat, gurih dan nikmat mungkin itu kata-kata yang tepat ketika menyantap Makanan Sup Khas Makassar ini.

Nah, itu dia Bahan-bahan dan Cara Membuat Sup Konro nya, cukup mudah bukan ? selamat mencoba dan berkreasi sendiri dengan Resep Sup Konro Khas Makassar Enak ini dirumah. Baca juga :  Resep jalangkota khas sulawesi selatan klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gabing Khas Lampung Asli

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat.  Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, kamu bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan lainya yang akan memperkaya masakan. Bahan-bahan Untuk Membuat Gabing Baca juga : Resep seruit berkuah khas lampung. klik disini Buat bunda yang pengen coba-coba masak makanan yang satu ini. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan nya ya..!. Untuk bahan-bahan

Resep Bangamat Khas Kalimantan Tengah Asli

Jika pada poin ke-4 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya. Baca juga : resep ikan bakar khas kalteng klik disini Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini. Ø   Bahan : ü   1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas. ü   1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.

Resep Lemang Khas Kalimantan Tengah Asli

Lemang adalah makanan yang menurut sejarah pertama kali dibuat oleh bangsa Melayu. Penyebaran masyarakat suku Melayu yang begitu masif hingga ke Indonesia membuat makanan satu ini terdapat di bagian utara Indonesia. Seperti di Kalimantan yang cukup banyak dihuni oleh penduduk Melayu sehingga membuat sebagian orang mengira lemang adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Selain suku Melayu, suku Dayak juga menjadikan lemang sebagai panganan yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Baca juga : resep gangan humbut khas kalimantan tegah. klik disini. Lemang merupakan makanan sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan b